Sumo Wrestling – The Ancient Sport From Japan

Tidak memakai apa pun kecuali mawashi (cawat), dua lawan yang lebih besar dari kehidupan saling berhadapan dalam dohyo (cincin gulat) untuk mendorong, bergulat atau saling melempar keluar dari cincin. Ini adalah definisi dasar dari gulat sumo tetapi, seperti tradisi Jepang lainnya yang berabad-abad, "mengapa" dan "bagaimana" lebih penting daripada "apa".

Sumo telah dilakukan dengan cara yang sama sejak Periode Edo (awal 1600-an) dan masih mempertahankan ritual dan teknik yang dikembangkan pada tahun-tahun awal. The rikishi (pegulat) bahkan memakai rambut mereka di jambul – gaya rambut khas samurai pada periode Edo. wasit dan wasit mengenakan pakaian bergaya kimono yang menggambarkan peringkat pengalaman mereka. Sebelum setiap pertarungan, kedua pegulat melemparkan garam ke ring karena dohyo adalah tempat yang sakral. Setelah pertandingan setiap hari, pegulat peringkat lebih rendah menutup acara dengan melakukan yumitori-shiki (tari busur).

Pertarungan gulat Sumo cepat – beberapa berlangsung hanya beberapa detik – dan sangat intens, dengan serangkaian tiga "menatap ke bawah" praktik dimulai bahwa pegulat menggunakan untuk mengintimidasi lawan mereka. Atlet yang terlatih ini memiliki berat 300-400 pound, tetapi mengikuti pelatihan ketat dan nutrisi yang menciptakan atlet dengan kekuatan luar biasa. Pegulat saling bergulat dengan tangan kosong dan menggunakan berbagai gerakan yang membutuhkan ketepatan, waktu, dan keseimbangan untuk berhasil.

Setiap tahun, enam basho (turnamen) diadakan di empat kota berbeda di Jepang, masing-masing berlangsung 15 hari. Peringkat pegulat berubah tergantung pada performanya di turnamen, dengan peringkat teratas, dipanggil yokozuna, diberikan hanya kepada satu atau dua pegulat dalam satu waktu.

Selama berabad-abad para pegulat sumo hanya berasal dari kelahiran Jepang. Dalam dua dekade terakhir, pegulat asing mulai bersaing dalam jumlah yang lebih besar dan meraih peringkat teratas. Saat ini ada 60 pegolf sumo profesional non-Jepang dari total 700. Cina, Rusia, dan beberapa negara Eropa Timur lainnya telah membuat penampilan yang mengesankan baru-baru ini, tetapi pada tahun 1990 dua pegulat Amerika – Konishiki dan Akebono (keduanya dari Hawaii) – adalah yang pertama mencapai yokozuna pangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *