Keuntungan dan Kerugian pada Rencana Pengembangan Kepemimpinan

Dengan rencana apa pun, keuntungan serta kerugian akan muncul. Padahal, ada banyak hal positif yang dibangun dalam rencana pengembangan kepemimpinan. Yang terpenting, rencana tersebut biasanya mencakup penugasan kerja yang akan membangun keterampilan kepemimpinan individu. Hampir semua rencana memungkinkan pengalaman langsung bagi individu dalam suatu organisasi. Melalui ini, individu bekerja di berbagai departemen yang menunjukkan bagaimana organisasi beroperasi di semua tingkatan. Jacowski menyatakan bahwa "Telah diamati bahwa program-program ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keseluruhan kerja organisasi dan operasi yang terlibat di dalam organisasi" ("The Advantages," 2008). Selain itu, rencana memungkinkan kemajuan individu untuk dilacak. Sebagian besar rencana pengembangan kepemimpinan mencakup refleksi pribadi, umpan balik, tujuan, dan rencana tindakan yang memungkinkan seseorang mencapai potensi penuh.

Kerugian dari program pengembangan kepemimpinan adalah bahwa seseorang dapat mulai menggosip informasi rahasia dan juga dapat memanfaatkan kekuatan. Karena individu merasa lebih kuat, ini dapat menyebabkan bocornya informasi rahasia agar tetap merasa diterima dengan rekan kerja tingkat yang lebih rendah. Selain itu, individu dapat mulai membuat permintaan kepada rekan kerja. D'Amico percaya bahwa para pemimpin dapat tidak peduli atau tidak ramah sebagai tanggapan akan mengabaikan dan mengabaikan kebutuhan dan keinginan karyawan (2005, p. 59). Memaksakan otoritas di antara karyawan lain dapat menyebabkan resistensi di antara karyawan. Akhirnya, mempelajari keterampilan kepemimpinan dapat membuat seseorang mengabaikan keterampilan manajemen juga. Contohnya, kegiatan seperti perencanaan, pengorganisasian, kegiatan koordinasi dapat diabaikan karena memimpin orang lain sekarang menjadi prioritas. Meskipun memengaruhi orang adalah penting, kadang-kadang seseorang harus mampu mengelola keterampilan lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Referensi:

D'Amico, V. (2005, Juni). Kepemimpinan yang buruk: Apa itu, bagaimana itu terjadi, mengapa itu penting. Berkonsultasi dengan Manajemen, 16 (2), 59-61.

Jacowski, T. (2008, 5 Juni). Keuntungan dari program pengembangan kepemimpinan. Di Artikelbase. Diakses 9 Maret 2009, dari http://www.articlesbase.com/self-improvement-articles/the-advantages-of-leadership-development-programs-439913.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *