Berbagai Jenis dan Ragam Aliran Musik Jazz

Berbagai Jenis dan Ragam Aliran Musik Jazz

Banyak orang yang belum memahami apakah sebenarnya faedah musik di kehidupan kita. Ternyata musik selain guna prasanara hiburan, musik pun dapat menciptakan tubuh anda tepat sehat. Berikut ialah beberapafaedah musik :

  1. Fungsi pengungkapan emosional

Disini musik bermanfaat sebagai sebuah media untuk seseorang guna mengungkapkan perasaan atau emosinya. Dengan kata beda si pemain bisa mengungkapkan perasaan atau emosinya nelalui musik.

 

  1. Fungsi penghayatan estetis

Musik adalah suatu karya seni. Suatu karya dapat disebutkan karya senibilamana dia mempunyai unsur keindahan atau estetika di dalamnya. Melalui musik saya dan anda bisa merasakan nilai-nilai keindahan baikmelewati melodi atupun dinamikanya.

 

  1. Fungsi hiburan

Musik memiliki faedah hiburan mengacu untuk pengertian bahwa suatu musik tentu berisi unsur-unsur yang mempunyai sifat menghibur. Hal inibisa dinilai dari Melodi ataupun liriknya.

 

  1. Fungsi komunikasi

Musik memiliki faedah komunikasi berarti bahwa suatu musik yang berlaku di suatu wilayah kebudayaan berisi isyarat-isyarat tersendiri yangmelulu diketahui oleh masyarakat penyokong kebudayaan tersebut. Hal ini dapat disaksikan dari teks atau juga melodi musik tersebut.

 

  1. Fungsi perlambangan

Musik memiliki faedah dalam menggambarkan suatu hal. Hal ini dapatdisaksikan dari aspek-aspek musik tersebut, misalmya tempo suatu musik. Jika tempo suatu musik lambat, maka banyak sekali teksnya mengisahkan hal-hal yang menyedihkan. Sehingga musik tersebut melambangkan bakal kesedihan.

 

  1. Fungsi reaksi jasmani

Jika suatu musik dimainkan, musik tersebut dapat memicu sel-sel sarafinsan sehingga mengakibatkan tubuh anda bergerak mengekor irama musik tersebut. Jika musiknya cepat maka gerakan anda cepat, demikian pun sebaliknya.

 

  1. Fungsi yang sehubungan dengan norma sosial

Musik bermanfaat sebagai media pengajaran bakal norma-norma atau peraturan-peraturan. Penyampaian banyak sekali melalui teks-teks nyanyian yang mengandung aturan-aturan.

 

  1. Fungsi pengabsahan lembaga sosial

Fungsi musik disini berarti bahwa suatu musik mempunyai peranan yang sangat urgen dalam sebuah upacara . musik adalah salah satu bagian yangurgen dan menjadi unsur dalam upacara, tidak saja sebagai pengiring.

 

  1. Fungsi kesinambungan budaya

Fungsi ini nyaris sama dengan faedah yang sehubungan dengan norma sosial. Dakam urusan ini musik berisi mengenai ajaran-ajaran guna meneruskan suatu sistem dalam kebudayaan terhadap generasi selanjutnya.

 

  1. Fungsi pengintegrasian Masyarakat

Musik memiliki faedah dalam pengintegrasian masyarakat. Suatu musikandai dimainkan secara bersama-sama maka tanpa disadari musik tersebutmemunculkan rasa kebersamaan diantara pemain atau penikmat musik itu.

Ternyata musik sangatlah bermanfaat untuk kita semua. Jadi tidakterdapat salahnya andai kita terus memperhatikan musik, namun kitapun harus ingat waktu, tidak boleh sampai anda terus memperhatikan musik lalu anda melupakan kegiatan yang me sti anda lakukan.

Musik Jazz
Musik Jazz

Tahukah kalian bila genre jazz masih mempunyai aliran-aliran lagi di bawahnya. Ini dia, 20 aliran musik jazz……….

  1. Ragtime

Asal muasalnya musik jazz. Musik yang serupa musik afrika dengan beat dan tone yang serupa musik pribumi afrika. Vibrant, enthusiastic, and extemporaneous ialah ciri-ciri yang bisa dikenali dari ragtime. Tokoh-tokohnya antara beda Scott Joplin dan Ben Harney.

  1. Classic Jazz

Sering dinamakan dengan “New Orleans Style”. Menurut situs 828BET aslinya berupa brass band yang diperlihatkan di acara dance dan pesta-pesta diakhir tahun 1800-an dan mula 1900-an. Instrument musical dilengkapi dengan clarinet, saxophone, cornet, trombone, banjo, bass, guitar, drum dan piano. Improvisasi paling ditekankan dalam permainannya dan aransemen musikal dapat bertolak belakang dari masing-masing penampilannya.

  1. Hot Jazz

Jazz jenis ini dicirikan dengan biduan solo yang berimprovisasi, struktur melodi yang khas, dan seringkali mempunyai klimaks yang emosional dan “hot”. Rhytm sectionnya seringkali diiringi oleh gitar, bass, banjo, dan drum yang bertambah pelan-pelan sehingga menjangkau klimaks (crescendo). Tokoh utama dari aliran ini, siapa lagi bila bukan Louis Armstrong.

  1. Chicago Style

Chicago menjadi pusat kelahiran aliran ini yang inti utamanya ialah “inventive player”. Dikarakteristikkan dengan aransement yang inovatif dan harmonis, dan kiat pemainnya yang tinggi. Tokoh-tokoh utamanya antarabeda Benny Goodman, Bud Freeman, Edie Condon, dan Gene Krupa.

Musik Jazz
Musik Jazz
  1. Swing

Tahun 1930-an menjadi tadinya swing. Karakteristik utamanya : robust and invigorating. Swing pun sering disebutkan musik dance. Walaupun bermain secara kolektif, suatu band swing dapat mengindikasikan performansi sologuna mengimprovisasi melodi utamanya. Tokohnya tidak sedikit tapi yangtidak jarang dijuluki sebagai The King of Swing ialah Benny Goodman.

  1. Kansas Style

Aliran ini bermunculan pada masa The Great Depression selama tahun 1920-an dan 1930-an di kota Kansas, USA. Karakteristiknya ialah gaya yangpaling soulful dan blues. Tokohnya antara beda Charlie Parker.

  1. Gypsy Jazz

Aslinya diperkenalkan oleh gitaris Perancis, Django Reinhardt. Seringdiprovokasi oleh musik rakyat (folk music) dari eropa timur. Sering pun dikenal dengan nama Jazz Manouche. Ciri utamanya ialah : languid, seductive feel, yang dikarakteristikkan dengan “quirky cadences” dan “driving rhytms”.

  1. Bebop

Berkembang di mula tahun 1940-an. Masih mengandalkan improvisasi, dalam bop seorang soloist bebas mengeksplorasi kord sekitar masih dalam struktur kord yang ada. Bebop bertolak belakang dari swing, dan terlebih lagi musik dance. Bebop pun menjadi dasar untuk inovasi-inovasi dari musik jazz. Playernya antara beda : Charlie Parker (saxophon) dan Dizzi Gillespie (trumpet).

  1. Mainstream

Lahir pulang dari aliran musik jazz yang tidak terlampau mengikat pada akhir 1970-an dan mula 1980-an. Aliran ini tidak jarang disebut Modern Mainstream atau Post Bop, dan memprovokasi aliran musik yang lainlaksana Cool Jazz, Classic, dan Hardbop. Mainstream pun sering diklasifikasikan sebagai aliran jazz yang tidak terlalu bersangkutan dengan aliran historis dari musik jazz.

  1. Vocalese

Sering dinamakan dengan jazz vokal. Mengkombinasikan lyric dan musik dalam sebuah solo instrumental. Secara nature ialah bop, namun diutamakan ialah nyanyian solo diiringi grup musik kecil atau ensembel. Playernya antara beda : Eddie Jefferson dan Jon Hendricks.

  1. Cool

Sering disebutkan sebagai “campuran” bebop dan swing jazz. Aliran ini terbentuk akhir 1940-an dan adalah “anak kandung” bebop yang menggabungkan swing dalam tone yang harmonik dan dinamis. Dijuluki pun “West Coast Jazz”, sebab inovasinya tidak sedikit berasal dari pantai barat USA,khususnya kota Los Angeles.

  1. Hard Bop

Salah satu aliran beda dari jazz, yang adalah anak dari aliran bebop. Melodi pada hardbop lebih bernuansa “soulful” dikomparasikan bebop, dan terkadang diprovokasi tema-tema musik Rhytm & Blues dan musik Gospel. Salah satu inovatornya ialah pianis Horace Silver.

  1. Bossa Nova

Campuran dari West Coast Cool, European Classical Harmonies, dan rhytm Samba Brasil. Sering dinamakan dengan nama Brasillian Jazz, dan berkembang di Amerika selama tahun 1962. Playernya antara beda Joao Gilberto, Antonio Carlos Jobim, dan di Amerika ialah Charlie Byrd dan Stan Getz.

  1. Free Jazz

Kadang disebut pun dengan “Avante Garde”. Solis dari free jazz bereksperimen dengan bebas (free) terhadap musiknya. Ornette Coleman dan John Coltrane ialah contohnya.

  1. Soul Jazz

Berasal dari Hardbop yang lumayan terkenal di mula 1960-an. Berimprovisasi dengan chord progression, sama laksana bop. Tokohnya antara beda Horace Silver dengan piano Hammond-nya.

  1. Groove

Sering dinamakan “of-shoot of Soul Jazz”. Groove sering memakai tone-tone dari musik blues dengan konsentrasi terutama pada rhytms. Musik ini bernuansa gembira dan tidak jarang menyentuh emosi pendengarnya guna dance, sementara blues lebih lambat. Improvisasi solo jarang dipakai dan lebih mengandalkan musik kolektif.

  1. Fusion

Aliran ini merupakan gabungan antara “jazz improvisation” dengan energi dan rhytm dari musik rock. Walaupun demikian, terkadang pencampuran ini sering dirasakan adalah bagian dari musik rock dan bukan jazz. Aliran inipun adalah semacam “pemberontakan” musisi jazz, terutama aliran hardbop terhadap “puritan jazz”, yang seolah-olah menahbiskan bahwa jazzme stilah laksana yang telah ada.

  1. Afro-Cuban Jazz

Sering dinamakan dengan nama Latin Jazz. Merupakan kombinasi dari improvisasi jazz dan rhytm musik latin. Instrumen musik yang dipakai sama dengan instrumen musik jazz pada umumnya, namun lebih terpusat pada rhytm section dari instrumen conga, timbale, bongo dan instrumen latin lainnya. Tokohnya antara beda Arturo Sandoval, Poncho Sanchez, dan Chucho Valdes.

  1. Acid Jazz

Acid Jazz sering disebutkan bukanlah genre musik jazz, sebab keterikatannya yang lemah dengan sejarah musik jazz. Awalnya ialah musik dance British. Yang kemudian digabungkan dengan musik klasik jazz, Funk 70-an, Hip-hop, Soul dan musik latin, dimana yang menjadi fokus ialah musik instrumentalnya dan bukan lirik. Akhirnya menghasilkan musik yang kaya dgn improvisasi musik yang kesannya “campur baur”, dan tidak jarang disebut Acid Jazz. Acid Jazz ialah Jazz.

  1. European Jazz

Di akhir abad 20, musisi jazz Perancis dan negara-negara Skandinavia merasa bahwa ekspresi musik jazz amerika sudah kehilangan “rasa”-nya di jaman kini ini. Itulah mula mereka membuat style baru yakni European Jazz. Seperti Acid Jazz, european jazz berakar pada musik dance, danmenggabungkan dgn elemen-elemen house music (musik disco dgn basic Funk). Suara yg didapatkan lebih bernuansa digitaly dan electronicaly dan terasa kontemporer. Tokohnya antara beda Bugge Wesseltoft, Nils Petter Molvaer, dan Martial Solal.

Itu hanya cerminan sekilas mengenai aliran-aliran dalam musik jazz yangdipungut dari sekian banyak literatur musik jazz. Banyak pun tokoh-tokoh urgen dalam musik jazz yang tidak terdapat dalam ringkasan diatas. Sekarang ini sudah tidak sedikit musisi dan vokalis baru jazz, contohnya Jammie Cullum, Renee Olstead, dan lain-lain, yang menciptakan batasan-batasan dalam aliran musik jazz telah mulai kabur. Walaupun demikian, intinya bukanlah aliran tersebut sendiri, namun Jazz yang kini ini telah mendunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *