9 Kehancuran yang disebabkan Pasca Perang Ini, Begitu Memilukan.

9 Kehancuran yang disebabkan Pasca Perang Ini, Begitu Memilukan.

Tak terdapat perang yang tak menyisakan airmata. Apapun alasannya, perang telah seharusnya segera dihentikan demi ketenteraman dan kemajuan umat insan di bumi ini. Perang adalahsebuah upaya atau teknik untuk mengungkapkan permusuhan. Yang tidak jarang kali jadi masalah merupakan, mengapa hal ini selalu dominan bukan pada musuhnya semata? Kenapa orang-orang tak bersalah yang mesti menjadi tumbalnya? Lagipula, mengapa harus ada pertempuran sih?

Menyangkut orang-orang tak bersalah yang tak tahu apa-apa dan menjadi korban, siapa yang bakal bertanggung jawab atas nyawa-nyawa mereka yang terenggut semena-mena itu? Setelah itu, peperangan melulu akan menyisakan memori pahit dan kehampaan yang begitu dalam. Lihat saja foto-foto yang Hipwee News & Feature kumpulkan ini. Beberapa gambar yang sukses diambil oleh semua fotografer dunia ini bakal membuka mata batinmu bahwa semua korban pertempuran ini tidak jarang kali kelidan dengan kelam.

Perang yang terjadi di Aleppo meninggalkan reruntuhan The Citadel of Aleppo. Benteng tertua dan terbesar di dunia, hancur begitu saja

The Citadel of Aleppo, Syiria, Desember 2016. Omar Sanadiki

Di samping orang-orang tak bersalah menjadi korban, nyaris seluruh bangunan pun rata dengan tanah. Sesuatu yang dulunya dibanggakan, kini melulu tinggal kenangan.

Seorang anak gadis menyangga airmatanya yang terus meluap sesudah tragedi yang menimpa Aleppo pada tahun lalu

Seorang gadis kecil Syria korban kegilaan orang-orang tak bertanggung jawab.

Salah satu korban anak-anak yang menerima perawatan kesatu di salah satu lokasi tinggal sakit swasta di Douma, Damascus, Syiria, pada Agustus 2016 lalu.

Seorang perempuan memangku keponakannya yang terluka dampak ledakan bom di Kabul, Afganistan dengan satu tangan. Tangan yang beda memangku kesedihan

The Silent Victims of a Forgotten War – Paula Bronstein. Sisa pertempuran yang meninggalkan korban orang-orang tak bersalah. Bahkan tak tahu apa penyebab dan pelakunya.

Setelah serangan kesekian Israel ke Palestina, seorang perempuan Tempatbet55 meratapi nasib di reruntuhan bangunan rumahnya. Tiada yang tersisa di samping airmata

Serangan yang sudah menjadi ‘sarapan’ untuk rakyat Palestina sejumlah tahun terakhir, menyisakan kekalutan yang luar biasa untuk mereka.

Josephine Mwamini diperkosa berulang kali sampai mengidap AIDS oleh tentara musuh yang menyerang desanya Walikali di Kongo. Dan dia bukan satu-satunya!

Lynsey Addario/Time Magazine.

Mwamini adalahsalah satu dari semua wanita yang terdapat di Walikali, Republik Kongo yang diperkosa oleh tentara musum yang menyerang desanya pada 2010 dan 2015 lalu. Bahkan anak-anak gadis juga jadi sasarannya. Gila!

Sementara perang oleh Presiden Filipina pada narkoba dan semua pemakainya, menewaskan tidak sedikit korban. Perang yang tak sewajarnya

Seorang istri yang meratapi nasib suaminya yang ditembak polisi.

Perang pada narkoba yang dimuliakan Presiden Rodrigo Duterte menewaskan ratusan nyaris ribuan orang pada 2016 lalu. Presiden yang dijuluki The Punisher ini menyuruh aparat guna membunuh pemakai dan pengedar narkoba di manapun mereka berada. Tapi menurut keterangan dari laporan, tidak sedikit orang yang belum ditetapkan bersalah pun langsung dieksekusi.

Pengeboman di Gori, Georgia pada 2008 lalu, menewaskan minimal 5 penduduk sipil. Rusia yang mesti bertanggung jawab!

Duka dalam peluk saudara.

Zaza Razmadze memegang tubuh saudaranya, Zura, sesudah pesawat tempur Rusia menjatuhkan bom di suatu apartemen di Kota Gori, Georgia.

Meski perang belum usai, perjuangan anak-anak untuk edukasi tetap terjaga. Hati mana yang tak teriris menyaksikan niat mereka menemukan haknya?

Suhaib Salem/Reuters.

Anak-anak belajar di dalam gedung bekas hantaman peluru dan bom di Gaza, 2014.

Kembali ke tahun 2007, bom dahsyat yang menimpa Irak, menyisakan potongan-potongan tubuh yang tercerai berai. Orang-orang saling tolong untuk menemukannya

Mencari potongan tubuh, Mei 2007

Bom yang meledak dari dalam mobil dengan kekuatan dahsyat menewaskan tidak sedikit korban jiwa. Hingga tubuhnya terburai menjadi sejumlah potongan. Beberapa orang menolong mencarinya dalam genangan darah.

Ini hanyalah sejumlah potongan rekam jejak kehidupan sesudah perang yang dilangsungkan di semua belahan dunia. Masih tidak sedikit kesedihan pascaperang yang tak terekam dan tersebar di media masa. Paling tidak, dari sini kita dapat mengambil latihan untuk terus bersyukur atas suasana kita yang sekarang. Atau foto-foto ini belum lumayan mengerikan dan menggetarkan hatimu sebagai manusia? Mengerikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *